Informasi Dunia Islami

Selasa, 06 Desember 2016

Inilah Beberapa Momen Shaf Sholat Terpanjang di Dunia, Aksi 212 Salah Satu yang Terdashyat

Masih ingat dengan aksi bela islam super damai tanggal 2 Desember
2016 ? Aksi yang tepat dilakukan pada hari jumat tersebut benar-benar berawal dan berakhir dengan aman tanpa pergesekan yang memunculkan kekacauan besar.

Inilah Beberapa Momen Shaf Sholat Terpanjang di Dunia, Aksi 212 Salah Satu yang Terdashyat


Sungguh khidmat tatkala sholat jumat yang dilakukan secara bersama-sama sepanjang jalan dari bundaran HI terbentang menuju kawasan monas. Lautan manusia yang menggunakan baju putih berhasil membuat hati umat islam manapun bergetar.

Menengok pada sejarah islam, sholat jumat dengan shaf terpanjang dan termegah  juga pernah terjadi. Kala itu  tahun 1453 dilakukan oleh Sultan Muhammad Al Fath. Termegah karena sholat itu dilakukan di jalan menuju konstatinopel dengan jamaah yang membentang sepanjang 4 km dari Pantai Marmara hingga Selat Golden Horn di utara.

Sholat jumat tesebut terjadi 1.5 KM di depan benteng Konstantinopel, dalam proses Penaklukan Konstantinopel oleh Sultan yang kemudian mengakhiri sejarah Kekaisaran Byzantium dan menjadi cikal bakal kekhalifahan Usmaniyah.

Penaklukan Konstantinopel merupakan pembuktian atas kabar gembira "Bisyarah" atau nubuwat yang disampaikan oleh Rasulullah kepada sahabat sahabatnya, bahwa negara adidaya seperti Romawi akan dapat dikalahkan oleh kaum Muslimin.

Abdullah berkata: Ketika kita sedang menulis di sekitar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, beliau ditanya: Dua kota ini manakah yang dibuka lebih dulu: Konstantinopel atau Rumiyah?

Rasul menjawab, “Kota Heraklius dibuka lebih dahulu.” Yaitu: Konstantinopel. (HR. Ahmad, ad-Darimi, Ibnu Abi Syaibah dan al-Hakim)

Sholat Jumat termegah di jalanan, yang menghantar umat membuka lembaran baru nubuwat Rasul dalam penaklukan konstaninopel.

Setelah itu, Umat Islam Indonesia telah menjadi saksi sejarah, sholat Jumat yang dilakukan sepanjang bentangan jalan Sudirman-Thamrin menjadi kali kedua dan bahkan diperkirakan menjadi sholat dengan shaf terpanjang Di dunia yang diikuti oleh jutaan orang. Subhanallah.

Di luar berbagai pertentangan ulama akan bidah atau tidaknya sholat jumat tersebut. Serta isu-isu akan kegiatanya. Biarlah ibadah yang lurus semata-mata hanya kepadaNya dan untukNya. Maka hanya sang Maha Kuasa yang dapat melihat niat setiap hambanya. Wallahu’alam bisshawab.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Beberapa Momen Shaf Sholat Terpanjang di Dunia, Aksi 212 Salah Satu yang Terdashyat

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar