Informasi Dunia Islami

Selasa, 06 Desember 2016

Keramas Baiknya Pagi Hari atau Malam Hari?

Keramas adalah perawatan terhadap rambut dengan melakukan aktivitas mencuci
rambut dan kulit kepala menggunakan sampo atau produk pembersih lain dengan mencampurkan sampo dan air kemudian diremas-remas di kulit kepala dan selanjutnya dibilas menggunakan air bersih.

Keramas Baiknya Pagi Hari atau Malam Hari?


Keramasa bertujuan untuk menghilangkan kotoran seperti debu, bekas keringat yang menempel di kulit kepala, serta ketombe.

Dalam bukunya "Ayo Menjadi Sehat", penulis, dr. Handrawan Nadesul, menyatakan bahwa kebiasaan berkeramas secara teratur dan berkala akan menyehatkan rambut. Hal ini dikarenakan selain berfungsi membersihkan, keramas juga merangsang kulit kepala selagi terpijat-pijat di saat keramas. Ia juga menyatakan bahwa keramas membutuhkan sistematika sehingga kepala dan rambut dapat dibersihkan secara menyeluruh dan tak ada bagian rambut yang luput dari proses pembersihan. (Dilansir dari id(dot)wikipedia(dot)org)

Saat ini banyak selisih pendapat mengenai waktu keramas yang pas. Malam hari katanya bisa bikin rematik, kalau pagi hari bikin telat. Hmmm yang benar yang mana ya?

Keramas malam hari Aku menyarankan orang-orang agar sebelum mereka beranjak tidur sebaiknya membersihkan kepala mereka, terutama bagi yang mengidap asma, alergi, atau masalah kulit," ujar Dr Amy Shah seperti yang dilansir dari She Knows. (Dilansir darifacetofeet(dot)com)

   Tubuh lebih rileks
Seharian beraktivitas membuat tubuh lelah dan membutuhkan istirahat. Dengan keramas malam hari, tubuh menjadi lebih segar dan rambut pun terasa lebih ringan sehingga menimbulkan kepuasan dan kenyamanan.

     Mengendurkan otot yang tegang
Kepala yang awalnya tegang akan dikendurkan saat kita memijatnya secara perlahan. Hal ini pun akan berlaku untuk bagian tubuh lainnya. Tubuh menjadi segar dan kepenatan akan terangkat seiring dengan aliran air.

   Membuat tidur lebih lelap
"Sensasi dingin setelah mandi membuat tidur menjadi lebih mudah dan alami", ujar Christopher Winter, M.D dari the sleep center at Martha Jefferson Hospital.

Setelah badan rileks, otot kendur, tubuh lebih santai dan kantuk semakin mudah datang. Jadi keramas malam cocok untuk kita yang mengalami kesulitan tidur.

  Baik untuk kita yang berkulit kering dan mengidap eksim
Dermatologis Tanya Kormeili, MD., mengatakan bahwa mandi serta keramas di pagi hari tak dianjurkan untuk orang yang memiliki tipe kulit kering serta mengidap eczema. Oleh karena itu keramas malam hari lebih dianjurkan untuk orang bertipe kulit kering atau menderita eczema.

  Menghilangkan kotoran yang menumpuk seharian
Tidak bisa dipungkiri jika aktivitas kita di luar rumah membuat polusi, debu, dan segala macam kotoran menumpuk pada rambut. Jika dibiarkan, kotoran ini akan menumpuk dan menjadi ketombe serta membuat kulit kepala tidak nyaman dan gatal.

  Menghilangkan sisa-sisa keringat
Untuk yang rutin berolahraga sore, keramas pada malam hari menjadi alternatif terbaik untuk menghilangkan sisa-sisa keringat yang menempel di badan. Tidak mau kan jika kita tidur bermandikan keringat? Bukan sehat yang didapat, tapi malah mengundang penyakit baru.

Keramas pagi hari

  Dianjurkan untuk kita yang memiliki kulit kepala berminyak
Untuk kita yang memiliki kulit berminyak, sering mengalami rambut lepek saat bangun? Rambut menjadi basah dan tidak enak dipandang. Kita bisa menyiasatinya dengan keramas pagi, seperti yang diungkapkan internis asal New York, Holly Phillips, MD.

"Keramas di pagi hari akan lebih baik bagi yang memiliki kulit kepala berminyak, karena minyak diproduksi pada malam hari dan keramas di pagi membersihkannya," ujarnya.

  Menjadi penyemangat sebelum beraktivitas
Keramas di pagi hari apalagi jika memakai air dingin akan membangkitkan kesadaran dan membuat kita siap menghadapi hari tanpa rasa suntuk yang menghantui semalaman.

  Meredakan depresi
Mandi menggunakan air dingin 12-18 Celcius dapat digunakan untuk membersihkan jiwa dan pikiran menjadi lebih tenang. Sayangnya hal ini tidak dianjurkan untuk penderita diabetes karena bisa membuat pembuluh darah menyempit dan menaikkan gula darah.

  Meredakan otot yang tegang
Bangun tidur otot terasa kaku karena salah bantal? Coba keramas di pagi hari menggunakan air hangat sambil memijat leher dengan lembut.

Jadi, keramas di pagi hari dan malam hari sama-sama memiliki manfaat tersendiri. Tergantung kita mau menggunakan waktu yang mana. Satu pesannya, jika keramas di pagi hari hati-hati dengan efek mengantuk yang sering ditimbulkan setelah keramas ya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Keramas Baiknya Pagi Hari atau Malam Hari?

0 komentar:

Poskan Komentar