Informasi Dunia Islami

Minggu, 05 Februari 2017

Inilah 3 Jenis Gambar yang Diharamkan Islam

Jika kita menyukai gambar atau lukisan untuk
pajangan di dalam rumah boleh-boleh saja. Tapi, ada 3 jenis gambar yang diharamkan dalam Islam. Ini dia ketiga jenis gambar tersebut.



Seni gambar yang diharamkan ialah melukis atau menggambar orang yang disucikan dalam konteks keagamaan atau diagung-agungkan secara keduniaan. Berikut yang diharakamkan untuk digambar atau dilukis:

Gambar Para Nabi, Malaikat dan Orang-orang saleh

Gambar-gambar seperti ini sangat laris di kalangan orang-orang Nasrani dan sebagian ahli bid’ah dari kaum Muslimin yang taklid.

Gambar raja-raja, pemimpin-pemimpin, seniman-seniman pada zaman kita sekarang ini Yang kedua ini, lebih kecil dosanya daripada yang pertama. Namun dosanya menjadi besar apabila orang yang dilukis itu orang kafir, orang zalim, atau orang fasik, seperti hakim-hakim yang memutuskan hukum tidak dengan apa yang diturunkan Allah, pemimpin-pemimpin yang mengajak manusia kepada selain risalah Allah, dan seniman-seniman yang memuja-muja kebatilan, dan menyebarkan pornografi di kalangan umat.

Gambar-gambar dan lukisan-lukisan yang bernyawa

Menggambar tumbuh-tumbuhan, pohon, laut, kapal, gunung, matahari, bulan, bintang, pemandangan alam tidak lah berdosa orang yang melukisnya.

Jika lukisan itu benda-benda bernyawa tetapi tidak terdapat larangan sebagaimana dikemukakan di atas, yakni bukan lukisan yang disucikan dan diagungkan, serta tidak dimaksudkan untuk menandingi ciptaan Allah, maka lukisan semacam ini tidak diharamkan.

Sudah tahu kan Sahabat Ummi, jenis gambar atau lukisan seperti apa yang dilarang di pajang di rumah. Nah... mulai sekarang mari kita jauhkan rumah kita dari hal-hal yang diharamkan, agar malaikat bisa masuk rumah kita.

Sumber: Halal dan Haram

MERINDING!!! INILAH 8 KOTA BESAR YANG TERANCAM TENGGELAM..!!!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah 3 Jenis Gambar yang Diharamkan Islam

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar