Informasi Dunia Islami

Sabtu, 04 Februari 2017

Kisah Sujudnya Para Malaikat Kepada Nabi Adam

Menurut sejarah agama-agama di dunia, Adam
adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah dan ia adalah orang tua dari semua manusia yang ada di dunia. Keistimewaan yang diberikan Allah padanya adalah bahwa setelah ia diciptakan, Allah menyuruh malaikat-malaikatnya untuk bersujud kepada Adam. Mengapa para malaikat sujud padanya?




Pelajaran dari Kisah Sujudnya Para Malaikat kepada Adam
Allah menciptakan nabi dan rasul dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Salah satu nabi yang diciptakan dengan keistimewaan adalah Adam. Nabi Adam diciptakan oleh Allah langsung dari tanah dan ia adalah manusia pertama yang diciptakan Tuhan. Keistimewaan yang melekat pada dirinya setelah penciptaannya adalah bahwa Allah menyuruh para malaikatnya untuk sujud kepada Adam. Banyak sekali pelajaran dari kisah sujudnya para malaikat kepada Adam yang dapat dijadikan teladan bagi umat Islam. Dalam Al-Qur’an, Allah telah berfirman pada para malaikat-Nya hendaknya mereka bersujud kepada Adam kecuali iblis, karena iblis adalah golongan kafir. Tak jarang banyak orang menganggap hal seperti itu adalah musrik karena bagi umat Islam hanya kepada Allah sajalah mereka bersujud sembah.

Menyikapi hal ini, para ulama serentak menyatakan pendapatnya tentang makna sujud. Sujud mempunyai dua makna yaitu, wujud ibadah dan wujud penghormatan saja. Sujud yang bermakna peribadatan memang ditujukan hanya pada Allah saja. Lalu, apa maksud malaikat sujud kepada Adam? Allah menyuruh malaikat bersujud kepada Adam sebagai wujud penghormatan mereka saja. Namun, sejak Allah mengutus Rasulullah SAW, penghormatan itu sudah dihapuskan. Dalam syariat Islam yang dibawakan oleh Rasulullah, sujud penghormatan berarti sama dengan sujud menyembah kepada yang selain Allah. Dan beliau mengharamkan hal tersebut.

Maksud Para Malaikat Allah Sujud Kepada Adam
Mengapa malaikat bersujud kepada nabi Adam? Allah telah berfirman pada malaikat-malaikatnya, bahwa sesungguhnya Ia akan menciptakan seorang manusia dari tanah serta membentuknya. Setelah itu, Allah akan menyempurnakannya dengan menghembuskan ruh kehidupan padanya, hendaknya bersujudlah seluruh malaikat.

Dengan diciptakannya nabi Adam sebagai ciptaan manusia pertama-Nya, perintah-Nya pada para malaikat untuk sujud pada Adam adalah supaya para malaikat menghormati hasil karya ciptaan Allah itu. Mengapa hanya malaikat saja dan iblis tidak? Karena sifat kesombongan yang ada pada iblis, membuat mereka enggan untuk melakukannya. Secara fisik, Adam lebih rendah daripada malaikat-malaikat Allah, karena ia hanya terbuat dari tanah. Sedangkan malikat Allah diciptakan dari cahaya, dan iblis dari api neraka. Namun, ada hikmah dan pelajaran yang dapat diteladani dari kejadian ini.

Malaikat adalah makhluk Allah yang paling taat kepada-Nya. Apapun yang diperintahkan oleh-Nya, malaikat pasti mentaatinya. Berbeda dengan iblis, iblis tahu bahwa Adam lebih rendah darinya karena itu mereka tak mau sujud padanya. Bila dikaji lebih dalam, setelah Allah membentuknya dari tanah, Ia meniupkan ruh-Nya. Itu artinya karena ruh Allah ada pada diri Adam, maka kedudukannya lebih tinggi dari malaikat dan iblis saat itu.

Pelajaran dari kisah sujudnya para malaikat kepada Adam memberikan pencerahan bagi umat manusia. Dengan penjelasan ini, manusia menjadi tahu apa yang ada dalam diri mereka. Yaitu sebagian ruh Allah yang ditiupkan dalam diri manusia. Ruh Allah mencakup sifat-sifat-Nya Yang Serba Maha. Hal inilah yang melatarbelakangi sifat-sifat baik yang ada dalam diri manusia, sifat-sifat yang belum tentu dimiliki oleh malaikat dan yang tidak dimiliki oleh iblis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kisah Sujudnya Para Malaikat Kepada Nabi Adam

0 komentar:

Poskan Komentar